Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al- Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi

Safitri, Vani Anggi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al- Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII 2 pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi dengan menggunakan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes tertulis yang dilakukan setiap akhir siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi yang berjumlah 19 orang. Dalam penerapan Metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 67% sedangkan nilai rata-rata hasil observasi pada siklus I yaitu 54%, pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 81% sedangkan nilai rata-rata hasil observasi pada siklus II yaitu 77%. Pada siklus I terdapat 58% siswa yang tuntas dan 42% siswa yang belum tuntas, sedangkan pasa siklus II terdapat 84% siswa tuntas dan 16% siswa yang belum tuntas. Yang artinya melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:11
Last Modified: 17 Oct 2024 06:55
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item
View Item