تطبيق إستراتيجية المدرس في زيادة النشاط في تعلم اللغة العربية بطريقة مطابقة بطاقة الفهرس في المدرسة الثانوية فجر إسلام مقاطعة سرالاغون

Anwar, Ikhsanudin (2023) تطبيق إستراتيجية المدرس في زيادة النشاط في تعلم اللغة العربية بطريقة مطابقة بطاقة الفهرس في المدرسة الثانوية فجر إسلام مقاطعة سرالاغون. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of DOC-20230414-WA0022. - Ihsan Anwar.pdf] Text
DOC-20230414-WA0022. - Ihsan Anwar.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

"Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana penerapan strategi peningkatan keaktifan dalam belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MTS Fajar Islam Kabupaten Sarolangun, dan Bagaimana semangat dan Keaktifan siswa di SMP Fajar Islam terhadap pembelajaran bahasa Arab. Kita juga tahu bahwa bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah Islam. Bahasa Arab merupakan bahasa ibu sebagian orang di dunia, khususnya umat Islam. Sekolah MTS Fajar Islam yang terletak di Desa Lubuk Resam, Kecamatan Nan Gedang, Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu sekolah menengah berbasis agama yang di dalamnya diajarkan pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah MTS Fajar Islam, Kabupaten Saralangon. Adapun metode yang dipakai di dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah MTS Fajar Islam antara lain: lemahnya motivasi belajar siswa, lemahnya kemampuan siswa, dan lemahnya manajemen pembelajaran. Sedangkan yang berkaitan dengan Strategi yang dapat meningkatkan semangat belajar bahasa Arab di Sekolah MTS Fajar Islam, meliputi: Pertama, Menetapkan spesifikasi dan tujuan dalam proses belajar mengajar dalam kaitannya dengan hasil yang ingin dicapai, Kedua, memilih pendekatan belajar mengajar yang paling tepat dan efektif untuk mencapai tujuan, Ketiga, memilih dan menetapkan tujuan. prosedur, metode dan metode belajar mengajar yang paling tepat dan efektif, Keempat, menetapkan standar atau kriteria keberhasilan agar guru memiliki pegangan yang dapat digunakan sebagai ukuran seberapa baik tugas yang telah diselesaikan telah dilakukan.

Kata Kunci: Implementasi, Strategi, Bahasa Arab, dan Semangat Belajar.
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:30
Last Modified: 26 Jun 2024 02:30
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item
View Item