Lisa, Nova (2022) Pengaruh pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di PP. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"ABSTRAK
Nova Lisa 2022, Pengaruh pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di PP. Azzakariyah Muaro panco Merangin jambi.
Pembimbing :1)Dr.Ali Musa Lubis, M.Ag 2) Mustar, M.Pd.I
Kata Kunci : pendekatan, komunikatif, keterampilan berbicara
Skripsi ini membahas tentang pengaruh Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di PP. Azzakariyah Muaro Panco Merangin Jambi. Adapun tujuannya adalah : a) untuk mengetahui seberapa besar skor keterampilan berbicara bahasa arab siswa sebelum diterapkan Pendekatan Komunikatif. b) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan berbicara bahasa arab siswa setelah diterapkan pendekatan Komunikatif. C) untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab di PP. Azzakariyah Muaro panco merangin jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Kalibrasi instrumen yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Reabiitas, Taraf kesukaran, Daya beda. Metode Analisis data yang digunakan yaitu : Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis ( Uji-T / Paired Sample T-test) dan Effect Size. Adapun subjeknya adalah siswa kelas 2B putri dengan jumlah 24 siswa.
Berdasarkan hasil Analisis data penelitian , diketahui bahwa keterampilan berbicara bahasa Arab siswa sebelum diterapkan pendekatan komunikatif (pre-test) mendapat nilai tertinggi yaitu 91, terendah yaitu 40, Nilai rata-rata yaitu 67,08. dan pada hasil tes setelah diterapkan pendekatan komunikatif (post-test)mendapat nilai tertinggi yaitu 95 , terendah yaitu 58 , nilai rata-rata yaitu 77,54. sehingga terbukti bahwa keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan pendekatan komunikatif lebih tinggi dibanding keterampilan berbicara bahasa arab siswa sebelum diterapkan pendekatan komunikatif.Berdasarkan perhitungan Uji-T menggunakan Spss 25 for Windows pada hasil pre-test diperoleh nilai 2-tailed < 0,05 yaitu 0,000<0, maka Ha diterima,artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara bahasa arab siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan komunikatif. Adapun berdasarkan Uji Effect Size, diperoeh nilai 0,79 dengan persentase efek 76 % ini berearti bahwa pendekatan komunikatif dapat memberi pengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa pada kelas 2B putri Pondok Pesantren Azzakariyah Talang Sekuang Desa Muaro Panco Merangin Jambi.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:05 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1112 |