Pengaruh Resitasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Dalam Maharah Kitabah di MTs Negeri 4 Kota Jambi

Andika, Karina Tri (2023) Pengaruh Resitasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Dalam Maharah Kitabah di MTs Negeri 4 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh resitasi terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa dalam maharah kitabah di MTs Negeri 4 Kota Jambi. Fokus penelitian ini adalah untuk mencari seberapa besar pengaruh resitasi terhadap hasil belajar bahasa arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian "True Experimental Design” dan menggunakan design eksperimen Posttest Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah instrument tes dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan Teknik Analisis Statistik Deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa dalam maharah kitabah pada kelas eksperimen (menggunakan metode resitasi) dengan nilai Sig (٢-tailed) ٠،٠٥ > ٠،٠٠ Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan effect size perlakuan diberikan adalah ١،١. Maka berdasarkan tabel cohen’s persentasenya adalah ٨٦%.
Pada uji “T” pada tabel uji independen sampel T tes menunjukan bahwa nilai T ٠،٠٥> ٠،٠٠berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari kelas kontrol dan eksperimen. Maka dengan begitu Ha diterima Ho ditolak.

Kata Kunci : Metode Resitasi, Hasil Belajar, Maharah Kitabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:33
Last Modified: 16 Oct 2024 07:07
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item
View Item