Upaya Kepolisian Resor Kota Jambi Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi

Wahyudi, Guntur (2023) Upaya Kepolisian Resor Kota Jambi Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Guntur Wahyudi 105180301 Upaya Kepolisian Resor Kota Jambi Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembuatan Surat Iin mengemudi - Rungkad.pdf] Text
Guntur Wahyudi 105180301 Upaya Kepolisian Resor Kota Jambi Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembuatan Surat Iin mengemudi - Rungkad.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pelayanan
Kepolisian Resor Kota Jambi dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi dan
Bagaimana bentuk upaya Kepolisian Resor Kota Jambi dalam meningkatkan
pelayanan publik dalam proses pembuatan Surat Izin Mengemudi. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Tekhnik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara,
dokumentasi dan angket. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan
kesimpulan sebagai berikut: Pertama, kualitas pelayanan dari aspek Tangible
(Berwujud) telah diterapkan dengan baik, Kedua, kualitas pelayanan yang berkaitan
dengan Reliability (Kehandalan) telah diterapkan dengan baik dimana hal tersebut
dalam pengurusan SIM yang dilakukan oleh para petugas sudah menggunakan
peralatan berbasis teknologi, Ketiga, kualitas pelayanan yang berkaitan dengan
Responsiveness (Ketanggapan) telah diterapkan dengan baik hal itu didasarkan pada
ketanggapan petugas polresta jambi dalam melayani masyarakat, Keempat, kualitas
pelayanan yang berkaitan dengan Assurance (Jaminan) telah diterapkan dengan baik
dimana hal tersebut petugas tetap berusaha mengatasi masalah yang ada dengan
memberikan solusi, Kelima, kualitas pelayanan yang berkaitan dengan Emphaty
(Empati) juga telah diterapkan dengan baik, sedangkan upaya-upaya yang dilakukan
Kepolisian Resor Kota Jambi (Polresta) Jambi untuk meningkatkan pelayanan
pembuatan (SIM) adalah: Pertama, meningkatkan bentuk pengawasan dan perizinan,
Kedua, menerapkan asas transparansi, dan Ketiga, menekankan pada petugas
pelayanan untuk bersikap sopan dan ramah kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:27
Last Modified: 25 Jun 2024 03:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item
View Item