Tabdilu Khat Wa Takhlitu Khat Bainal lughati Al Indonesia Wal Arabiyyah Fi Ittishali Talamizi Bima’had Al-Kinanah Littarbiyati Islamiyyati Hadisati Kota Jambi.

Natasya, Fadila (2023) Tabdilu Khat Wa Takhlitu Khat Bainal lughati Al Indonesia Wal Arabiyyah Fi Ittishali Talamizi Bima’had Al-Kinanah Littarbiyati Islamiyyati Hadisati Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 401190002 Tabdilu Khat Wa Takhlitu Khat Bainal lughati Al Indonesia Wal Arabiyyah Fi Ittishali Talamizi Bima’had Al-Kinanah Littarbiyati Islamiyyati Hadisati Kota Jambi. - akmal saputra.pdf] Text
401190002 Tabdilu Khat Wa Takhlitu Khat Bainal lughati Al Indonesia Wal Arabiyyah Fi Ittishali Talamizi Bima’had Al-Kinanah Littarbiyati Islamiyyati Hadisati Kota Jambi. - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Tabdilu Khat Wa Takhlitu Khat Bainal lughati (Al Indonesia Wal Arabiyyah) Fi Ittishali Talamizi Bima’had Al-Kinanah Littarbiyati Islamiyyati Hadisati Kota Jambi.”. ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif. Penelitian Kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa deskriptif berupa kata- kata tertulis ataupun lisan yang dapat diamati. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan dengan mengumpulkan informasi melalui dokumen dokumen, baik dokumen tertulis, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penelitian, terkhusus mengenai alih kode dan campur kode,. Mulai dari tanggal 23 Januari – 8 Februari 2023 peneliti mengamati bahwa terjadinya Ahli Kode dan Campur Kode di Pondok Pesantren Modern Alkinanah Jambi adalah Antar Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab begitupun sebaliknya Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia. Kemudian Peneliti juga menemukan ada 9 alih kode yang digunakan dalam komunikasi santri ataupun ustadzahnya dan 40 bentuk campur kode yang terjadi dilingkungan madrasah yang bertepat di dalam ruang kelas, asrama, serta dapur lingkungan santri pondok pesantren alkinanah.
Pondok pesantren yang sudah menerapkan kurikulum modern dengan menerapkan dua bahasa asing yang digunakan dalam keseharian mereka, diantaranya adalah bahasa Arab dan bahasa Inggris yang diwajibkan bagi guru maupun siswa dikelas maupun dilingkungan asrama, akan tetapi masih banyak dari siswanya yang masih asing dengan kurikulum modern tersebut. Maka dari itu adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui bagaimana praktek terjadinya alih kode dan campur kode di pondok pesantren modern alkinanah tersebut serta Mengetahui faktor faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya alih kode dan campur kode tersebut. Adapun Teknik pengumpilan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun analisis datanya ini menggunakan data primer dan data skunder.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa Sastra Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:09
Last Modified: 25 Jun 2024 03:46
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item
View Item