Hubungan antara penguasaan qowaid(nahwu dan shorof) terhadap maharah kitabah pada siswa/siswi kelas 4 Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muara Jambi

Harahap, Ilman Safi'i (2023) Hubungan antara penguasaan qowaid(nahwu dan shorof) terhadap maharah kitabah pada siswa/siswi kelas 4 Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muara Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Ilman Safi'i Harahap 202190078 Hubungan Antara Penguasaan Qowaid (Nahwu dan Shorof) Terhadap Maharah Kitabah di Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muaro Jambi - Ilman Safii Harahap.pdf] Text
Ilman Safi'i Harahap 202190078 Hubungan Antara Penguasaan Qowaid (Nahwu dan Shorof) Terhadap Maharah Kitabah di Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muaro Jambi - Ilman Safii Harahap.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian yang ditemukan di Madrasah Aliyah An-nur Tangkit Muara Jambi yang mendasari judul ini yaitu siswa hanya mampu menulis kalimat sehari-hari saja, dan kurang nya perhatian terhadap maharah kitabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai qowaid(nahwu dan shorof) dan maharah kitabah, serta untuk mengetahui hubungan antara penguasaan qowaid(nahwu dan shorof) terhadap maharah kitabah pada siswa/siswi kelas 4 Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muara Jambi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Adapun sampel yang peneliti gunakan yaitu semua siswa/siswi kelas 4 A dan B tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 37 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang peneliti guanakan yaitu tes, dan tekhnik analisis data yang peneliti gunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas regresi data, dan uji hipotesis.
Setelah melakukan perhitungan analisis data menggunakan SPSS For Windows 25 terdapat hubungan yang singnifikan antara nahwu dan kitabah dengan < rhitung> 1% yaitu 0,325 <0,587> 0,418 dengan demikian maka hipotesis nol ditolak. Dan juga terdapat hubungan yang signifikan antara shorof dan kitabah dengan 5% < rhitung> 1% yaitu 0,325 <0,608> 0,418 dengan demikian maka hipotesis nol ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:55
Last Modified: 25 Jun 2024 02:59
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item
View Item