Ayatillah, Tini (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan konsep biologi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep biologi
siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi
sistem pencernaan di SMA Negeri 4 Merangin. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Adapun
subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Merangin. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Penelitian ini menemukan bahwa penguasaan konsep siswa meningkat dari siklus
I sampai Siklus III. Penelitian ini menemukan bahwa hasil tes penguasaan konsep
siswa yang diperoleh menunjukkan 43,75% pada siklus I, menjadi 68,75% pada
siklus II dan meningkat menjadi 87,50% pada siklus III. Maka, dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan penguasaan konsep siswa di SMA Negeri 4 Merangin.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Penguasaan Konsep, biologi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 07:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:53 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1080 |