Implementasi Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi

Sari, Novita (2023) Implementasi Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of skripsi_novita_sari_(1051901168) - Novita Sari.pdf] Text
skripsi_novita_sari_(1051901168) - Novita Sari.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Impilementasi merupakan suatu proses menguji konsep dengan konseptual antara
teks dan konteks dan Pelayanan publik merupakan tindakan nyata yang
memberikan pengaruh pada tindakan sosial. Implementasi dari pelayanan tidak
dapat dipisahkan secara nyata, karena pada umumnya terjadi pada saat yang
bersamaan dan di tempat yang sama. Dalam hal ini, pelayanan merupakan usaha
yang mempertinggi kepuasan pelanggan yakni masyarakat (publik). Penelitian
dengan judul Implementasi Standar pelayanan publik berdasarkan Undang-undang
No 25 Tahun 2009 Di dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten
Sarolangun ini dikupas secara kualitatif dengan berusaha menguraikan secara
deskriptif melalui wawancara dan observasi.
Melalui penelitian ini, penulis mencoba memandang sejauh mana Impelementasi
UU no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik Di dinas kependudukan dan catatan
sipil kabupaten sarolangun. Selanjutnya terbentuklah rumusan masalah berupa
bagaimana Pelaksanaan Penyelenggara Pelayanan Publik di dinas kependudukan
dan catatan sipil kabupaten sarolangun? dan Faktor-faktor Apa Yang
Mempengaruhi Pelayanan publik di dinas kependudukan dan catatan sipil
kabupaten sarolangun?
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan Publik belum seutuhnya
terlaksana sesuai dengan aturan undang- undang nomor 25 tahun 2009 tentang
pelayanan publik. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan penyelenggara pelayanan
yang ada di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten saroalngun belum
memiliki standar pelayanan yang baik, dan perlu perbaikan didalam menjalankan
pinsip-prinsip pemerintahan yang optimal dalam menyelenggarakan pelayanan
publik. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pelayanan
harusnya menjadi perhatian penting serta tanggung jawab Pimpinan dinas
kependudukan dan catatan sipil kabupaten sarolangun terutama faktor sarana dan
prasarana dalam pelaksanaan tugas pelayanan.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, implementasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:26
Last Modified: 14 Jun 2024 07:26
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item