berjudul " Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan E- Money Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi".

Rizki, Muhammad (2023) berjudul " Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan E- Money Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi". Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Muhammad Rizki_compressed - Ifta _M.pdf] Text
Skripsi Muhammad Rizki_compressed - Ifta _M.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan sistem pembayaran yang
berbasis teknologi telah mengubah secara signifikan arsitektur sistem pembayaran
konvensional yang mengandalkan uang fisik sebagai instrumen pembayaran
meski uang fisik sampai saat ini masih banyak digunakan masyarakat dunia
sebagai alat pembayaran namun sejalan dengan perkembangan teknologi sistem
pembayaran yang pesat pola pembayaran tunai atau cash secara berangsur beralih
menuju pembayaran non tunai. Salah satu produk keuangan digital tersebut adalah
uang elektronik (e-money).2 Transaksi digital yang kian marak di Indonesia
memicu kenaikan jumlah uang elektronik (e-money). Perubahan perilaku
pembelian masyarakat dari offline (tatap muka) menjadi belanja online melalui
marketplace telah meningkatkan jumlah uang elektronik menjadi 500 juta unit.
Selain itu, pertumbuhan uang elektronik di Indonesia juga didorong oleh
pembayaran digital oleh pemerintah, seperti pembayaran untuk moda transportasi
dan wisata. Meskipun pemerintah telah mendukung dan berupaya meningkatkan
keputusan menggunakan uang elektronik, nyatanya keputusan menggunakan uang
elektronik di masyarakat masih rendah. Pemahaman yang kurang baik tentang
uang elektronik menjadi salah satu alasan mahasiswa tidak tertarik menggunakan
uang elektronik. Untuk meningkatkan menggunakan uang elektronik, maka perlu
ditingkatkan pemahaman mahasiswa tentang uang elektronik.3 Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi
manfaat dan religiusitas terhadap keputusan pembelian menggunakana e-money.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Sampel yang
diambil sebanyak 267 responden dengan teknik proportionate stratified random
sampling. Penelitian ini menggunakan alat hitung spss versi 22. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kepercayaan, persepsi manfaat, dan religiusitas berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan e-money
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini variabel-variabel tersebut valid dan
reliabel. Pada pengujian asumsi klasik penelitian ini berdistribusi normal, tidak
terjadi heteroskedastisitas, dan multikolinearitas.
Kata kunci: Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Religiusitas, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:55
Last Modified: 13 Jun 2024 03:55
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item
View Item