“Evaluasi Program Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Pmks (Studi Pada Dinas Sosial Kota Jambi)”

Akbar, Riski (2023) “Evaluasi Program Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Pmks (Studi Pada Dinas Sosial Kota Jambi)”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of NEW SKRIPSI WTRMK RISKI AKBAR_ NIM 105190240 - Rasoki akbar.pdf] Text
NEW SKRIPSI WTRMK RISKI AKBAR_ NIM 105190240 - Rasoki akbar.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan gelandangan dan pengemis dalam wilayah Kota Jambi semakin
meningkat jumlahnya sehingga mulai meresahkan masyarakat, mengurangi
kenyamanan dan ketertiban di tempat-tempat umum. Kota Jambi juga
mengeluarkan Peraturan Walikota Kota Jambi Nomor 7 Tahun 2018 Tentang
Penanganan Gelandangan, Pengemis, Orang Terlantar dan Tuna Susila Lainnya
Dalam Wilayah Kota Jambi. Pemerintah Kota Jambi juga melakukan berbagai
upaya untuk mengurangi jumlah gepeng di Kota Jambi melalui usaha pembinaan.
Rumah Singgah merupakan rumah yang disediakan oleh pemerintah untuk
membina para gepeng tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
program pembinaan dinas sosial Kota Jambi dalam mengurangi
gelandangan,pengemis di Kota Jambi dan untuk mengetahui faktor apa saja yang
menjadi hambatan program pembinaan tersebut. Metode penelitian yang
digunakan melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Input yang terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya
pendukung masih belum optimal, Process yang dilakukan yaitu pembinaan
mental/aqidah dan pembinaan fisik, Output yang ada yaitu jumlah gelandangan
dan pengemis tahun 2922 lebih meningkat, outcomes positif yang ada yaitu
adanya kerja sama antar beberapa pihak untuk membantu pelaksanaan pembinaan
dan dampak negatif yaitu masih ada rasa tidak jera gepeng yang sudah terjaring.
Faktor yang menjadi penghambat program pembinaan dinas sosial Kota Jambi
adalah (1) keterbatasan sarana dan prasarana (2) keterbatasan sumber daya
manusia (SDM) (3) Sikap klien dalam proses pembinaan.

Kata Kunci : Evaluasi, Pembinaan, Gelandangan & pengemis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:25
Last Modified: 13 Jun 2024 02:25
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item
View Item