Eksplorasi Etnomatematika Pada Museum MenaraGentala Arasy Jambi

Daniah, Fitra Hanis (2023) Eksplorasi Etnomatematika Pada Museum MenaraGentala Arasy Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahmengeksplorasi Museum Menara Gentala Arasy
Jambi untuk mengetahui budaya jambi dan menerapkan konsep etnomatematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
etnografi, sedangkan pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan
dokumentasi yang berkaitan dengan unsur matematika. Instrumen dalam
penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik analisis data menggunakan Model
Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (datareduction), penyajian data
(datadisplay), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Teknik keabsahan
data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan,
dan melalui pengecekan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dalam hal ini
peneliti berupaya untuk mendeskripsikan bentuk nyata pada Museum Menara
Gentala Arasy Jambi dengan konsep matematika sebagai sumber belajar bagi
peserta didik sehingga pembelajaran tidak sekedar dipelajari di kelas tetapi juga
dapat dipelajari diluar sekolah dengan menekankan pada aspek sosial budaya
masyarakat sekitar. Sehingga nilai-nilai budaya lokal dapat diintegrasikan dalam
pembelajaran matematika terutama pada Museum Menara Gentala Arasy
Jambi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktivitas matematika pada
Museum Menara Gentala Arasy yaitu pada aktivitas menentukan lokasi dan
aktivitas mendesain.
Kata kunci: Aktivitas Etnomatematika, Budaya Jambi, Etnomatematika,

Museum Menara Gentala Arasy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:16
Last Modified: 16 Oct 2024 06:57
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item
View Item