: “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Rempeyek Ilham Kota Jambi)”.

E. Zahwa Putri, Aurelia (2023) : “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Rempeyek Ilham Kota Jambi)”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of AURELIA ZAHWA PUTRI. E 501190086 ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KEBERHASILAN USAHA (STUDI PADA USAHA REMPEYEK ILHAM KOTA JAMBI) - Aurelia Zhw.pdf] Text
AURELIA ZAHWA PUTRI. E 501190086 ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KEBERHASILAN USAHA (STUDI PADA USAHA REMPEYEK ILHAM KOTA JAMBI) - Aurelia Zhw.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Etika bisnis Islam merupakan suatu prinsip yang membedakan baik-buruk, benar-
salah yang harus diterapkan dalam bertransaksi, berprilaku dan berelasi dengan

rekan-rekan bisnis yang bersumber dari ajaran-ajaran Islam yakni Al-Qur‟an dan
Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam di
Usaha Rempeyek Ilham Kota Jambi menggunakan prinsip-prinsip etika bisnis
Islam serta yang menjadi indikator keberhasilan usahanya adalah modal,
pendapatan, volume penjualan, output produksi dan tenaga kerja. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Rempeyek Ilham telah
menerapkan etika bisnis Islam dengan baik dalam menjalankan usahanya dan
berdampak positif terhadap keberhasilan usahanya. Kendala dalam penerapan etika
bisnis Islam pada usaha Rempeyek Ilham kota Jambi adalah kurangnya komunikasi
dan tenaga kerja sehingga menyebabkan keterlambatan pada pengiriman produk
kepada konsumen dan kurang teliti dalam memberikan produk kepada konsumen.
Solusi dalam penerapan etika bisnis Islam pada usaha Rempeyek Ilham kota Jambi
adalah merekrut tenaga kerja khususnya dibidang produksi agar hasil produksi
dapat memenuhi permintaan dari konsumen dan lebih cermat dan teliti pada saat
memberikan produk kepada konsumen.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Keberhasilan Usaha dan UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:14
Last Modified: 13 Jun 2024 02:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item
View Item