Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Pada Pembelajarn Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kota Jambi

Rahmi Diani, Reza (2023) Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Pada Pembelajarn Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Bagi skripsi reza cetak baiki_compressed (1) - Reza Rahmi Diani.pdf] Text
Bagi skripsi reza cetak baiki_compressed (1) - Reza Rahmi Diani.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model inside-outside circle kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurun
Najah Kota Jambi. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa
hasil belajar tematik tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 siswa kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Nurun Najah Kota Jambi masih rendah. Penyebabnya guru kurang
efektif dalam memilih dan menerapkan model yang tepat dalam pembelajaran
tematik. Penerapan model inside-outside circle merupakan salah satu model yang
tepat untuk memberikan solusi yang tepat dalam pembelajaran tematik. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model inside-outside circle pada siswa kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Nurun Najah Kota Jambi. 2) peningkatan hasil belajar siswa dengan
menerapkan model inside-outside circle kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurun
Najah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dengan dua siklus. Dalam
siklusya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inside-outside circle
dilakukan dengan optimal, ditunjukkan dengan persentasi keberhasilan siswa pada
pra siklus memperoleh 25% pada siklus I memperoleh ketuntasan 50%, dan siklus
II memperoleh ketuntasan 85%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan model inside-outside circle dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 2 pembelajaran 1.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Inside-Outide circle.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:35
Last Modified: 13 Jun 2024 01:35
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item
View Item