Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Nafi’ah, Indah Rif’atin (2023) Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of INDAH RIF'ATIN NAFI'AH 207190018 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN  (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA - Indah Rif'atin Nafi'ah.pdf] Text
INDAH RIF'ATIN NAFI'AH 207190018 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA - Indah Rif'atin Nafi'ah.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe
Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 13 Bayung Lencir.
Sedangkan objek penelitian adalah model pembelajaran Predict Observe Explain
(POE). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan
model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 13 Bayung Lencir pada
mata pelajaran IPA Terpadu materi struktur dan fungsi tumbuhan. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti berkolaborasi dengan guru
di dalam kelas. Peneliti juga melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik analisis data
kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari siklus I dan siklus II
menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang di dapat
setiap siklusnya. Pada saat pra siklus persentase rata-rata kemampuan berpikir
kritis siswa 39,83% (kategori rendah), setelah dilakukannya tindakan siklus I
persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 54,47% (kategori sedang),
selanjutnya mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II dengan
persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 80,91% (Kategori sangat
tinggi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pembelajaran POE, Berpikir Kritis, IPA Terpadu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:10
Last Modified: 13 Jun 2024 01:10
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item
View Item