Strategi Pembelajaran Ekspositori Pendidikan Agama Islam Di SMKN 4 Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Fatikhatun Khasanah, Fajri Nur (2023) Strategi Pembelajaran Ekspositori Pendidikan Agama Islam Di SMKN 4 Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI FAJRI NUR FATIKHATUN K.(201190014) - Fajri Nur (1).pdf] Text
SKRIPSI FAJRI NUR FATIKHATUN K.(201190014) - Fajri Nur (1).pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahasa tentang Strategi ekspositori pembelajaran Agama
Islam SMK N 04 Tebo. Penelitian ini bertujuan mengeksplor mengenai; Strategi
Ekspositori pendidikan agama islam, faktor pendukung dan penghambat
pembelajaran ekspositori. Jenis Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Data primer Guru pendidikan agama islam, Kepala sekolah, serta siswa
kelas X Jurusan Akutansi. Adapun data sekunder dari pengamatan ini yaitu yang
ada relevansinya dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis
data melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Pendidikan
Agama Islam di SMK Negeri 04 Tebo adalah sudah berjalan dengan baik karena
guru sudah mampu membuat perangkat pembelajaran dan guru dapat
berkomunikasi dengan siswanya dengan baik, menggunakan bahasa yang mudah
di pahami sehingga tidak siswa kewalahan dengan penjelasan guru. Faktor-faktor
yang menghambat pembelajaran ekspositori pada bidang studi Pendidikan Agama
Islam di SMK Negeri 04 Tebo adalah ketidak disiplinan guru dalam mengajar
dikarenakan mereka masih berada di luar dan berhalaman pada saat proses belajar
mengajar di sekolah. siswa mampu memahami pelajaran pendidikan agama
islam dengan menggunakan strategi ekspositori, yang dinilai mudah untuk
memahami. Faktor- faktor pendukung Penerapan strategi ekspository adalah
faktor lingkungan siswa, mudahnya sumber belajar, serta faktor intelegensi siswa.
Ketiga ini muncul dalam faktor- faktor pendukung penerapan strategi ekspository
Seperti memberikan contoh pada materi dengan kehidapan sehari- hari.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:14
Last Modified: 12 Jun 2024 07:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item
View Item