Reginastiti, Hani (2023) Strategi Guru Dalam Mengatasi Penggunaan Bahasa Daerah Pada Kelompok Bermain Nurul Ulum Rantau Badak Kecamatan Muara Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Penggunaan
Bahasa Daerah Pada Kelompok Bermain Nurul Ulum Rantau Badak
Kecamatan Muara Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tujuan
Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang guru lakukan dalam
mengatasi penggunaan bahasa daerah di ruang lingkup sekolah. Penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif (Deskriptif), subjek penelitian ini
yaitu pada anak usia dini yang berada pada lingkungan Desa Rantau Badak
Lamo. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, kasus-kasus
dibatasi peneliti atas dasar waktu dan aktivitasnya dengan maksud untuk
mengumpulkan informasi selengkap-lengkapnya dalam kurun waktu
tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi yaitu dalam bentuk foto. Untuk memenuhi
tuntutan perubahan kurikulum maka tenaga kependidikan dalam hal ini
guru diharapkan mampu memilih bahasa untuk lebih efisiensi, efektif, dan
cocok dengan karakteristik dan keadaan sosial sebagai subjek. Di KB
Nurul Ulum penggunaan bahasa daerah cenderung lebih dominan daripada
bahasa Indonesia dikarenakan bahasa daerah merupakan bahasa ibu atau
bahasa pertama yang diajarkan kepada anak. Adanya strategi yang
dilakukan oleh guru dalam mengatasi penggunaan bahasa daerah salah
satunya adalah memberi anak pengertian bahwa bahasa Indonesia itu
adalah bahasa persatuan yang penting untuk di jaga;
Kata kunci: Strategi Guru, Penggunaan Bahasa Daerah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:47 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:24 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1017 |