Penerapan Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 60/VII Payolebar I Kabupaten Sarolangun.

Nurhayati, Triya (2023) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 60/VII Payolebar I Kabupaten Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Triya Nurhayati 204190086 - Triya Nurhayati.pdf] Text
Triya Nurhayati 204190086 - Triya Nurhayati.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan dan menyeimbangkan
soft skill dan hard skill berupa sikap, keterampilan dan pengetahuan. Namun
kenyataanya, kurangnya fokus pada kemampuan belajar siswa mempengaruhi
hasil belajar. Pendekatan yang kurang tepat membuat pembelajaran menjadi
monoton, siswa kehilangan semangat, tidak menguasai materi secara maksimal,
dan kurang berani memberikan jawaban dan ide pembelajaran. Pembelajaran
terbalik merupakan pendekatan yang memberi kesempatan siswa belajar mandiri,
kreatif dan aktif dalam meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini mengikuti
model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan selama dua Siklus melalui teknik
pengumpulan data yakni: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan
pendekatan reciprocal teaching pada pembelajaran tematik di kelas 3 yang terdiri
dari 25 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik melalui pendekatan reciprocal teaching meningkat.
Persentase skor ketuntasan pra siklus 44%, Siklus I mencapai 68% dan Siklus II
mencapai 84%. Sehingga dapat disimpulkan dengan menerapkan pendekatan
reciprocal teaching pada pembelajaran tematik di Kelas III SD Negeri 60/VII
Payolebar I Kabupaten Sarolangun mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Pendekatan Reciprocal Teaching, Pembelajaran Tematik, Hasil

Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: editor
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:39
Last Modified: 12 Jun 2024 04:39
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item
View Item