Fikri, Muhammad (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PRODUK ELZATTA. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data dikatakan bahwa Elzatta dalam
periode tahun ke tahun mengalami peningkatan presentase sebagai brand dengan
kualitas terbaik hanya saja pada tahun 2019 mengalami sedikti penurunan angka, hal
itu mungkin saja dikarenakan adanya pandemic covid-19 yang melanda bangsa
Indonesia pada waktu itu dan tentunya memengaruhi sedikit prosesntase brand di
Elzatta. Dengan demikian berdasarkan hasil observasi dan analisis awal di atas, yang
menemukan adanya keunikan di dalam Elzatta menggunakan strategi pemasarana
produk mereka secara syariah, maka peneliti menjadi terdorong untuk menguraikan
fenomena tersebut yakni terkait strategi pemasaran secara Islami yang dilaksanakan
oleh toko Elzatta agar tetap eksis dalam menghadapi persaingan bisnis di dunia nyata
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan
cara pengkoleksian data berupa pengamatan, interview, dan pendokumentasian.
Teknik analis data-datanya dengan cara penyaringan data, penyajian data, serta
kroscek data. Sedangkan pengujian kesahihan data dilakukan dengan menggunakan
teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1. Strategi pemasaran syariah produk
Elzatta dilakukan dengan tiga strategi pokok yaitu: (1) Segmentasi pasar; (2)
Targeting dan Positioning; dan (3) Strategi kombinasi yang didalamnya meliputi:
strategi dalam menjaga produk; strategi dalam jangkauan harga; strategi dalam
meilih tempat penjualan; strategi dalam bidang promosi produk; strategi dalam
manajemen SDM; strategi dalam proses belanja yang mudah; strategi dalam proses
pemasarana melalui media sosial. 2. Faktor pendukung strategi pemasaran syariah
produk Elzatta dikarenakan adanya beberapa hal, yaitu: Menjaga kualitas pelayanan;
Memahami kebutuhan pelanggan dan kebutuhan perusahaan melalui analisis SWOT;
Penampilan karyawan yang rapi; Ketanggapan dalam membantu pelanggan secara
online/offline; Memberikan pembekalan/training kepada karyawan/SPG; Kepekaan
terhadap perkembangan kompetisi bisnis global. 3. Faktor penghambat strategi
pemasaran syariah produk Elzatta adalah disebabkan dari faktor internal dan
eksternal. Alasan internal, meliputi: permodalan, kendala promosi di lapangan.
Sedangkan Faktor eksternal tersebut meliputi: persaingan harga dan adanya strategi
promosi dari kompetitor Elzatta Jambi.
Kata kunci: Strategi, Pemasaran Syariah, Elzatta.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:34 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 00:36 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1010 |