Pengaruh Efektivitas Pemenbukaan Rekening Online dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Nurzilawati, Nurzilawati (2023) Pengaruh Efektivitas Pemenbukaan Rekening Online dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WM NURZILAWATI 502190064 PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBUKAAN REKENING ONLINE DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA( Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifudd.pdf] Text
WM NURZILAWATI 502190064 PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBUKAAN REKENING ONLINE DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA( Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifudd.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat sering dimanfaatkan oleh perusahaan,
termasuk bank syariah, untuk meningkatkan pasar-pasarnya dengan menggunakan
teknologi yang ada.Untuk meningkatkan pelayanan pada nasabahnya bank
meluncurkan media layanantransaksi yang berbasis teknologi informasi yaitu
mobile banking. Layanan mobile banking memudahkan nasabah untuk melakukan
transaksi perbankan melalui perangkat ponsel atau Personal Data Asistant/PDA.
Pada akhir tahun 2019 Bank Syariah Indonesia meluncurkan fitur pembukaan
rekening online dilayanan aplikasi BSM. Untuk memperkenalkan fitur
pembukaan rekening online ini agar dapat menarik minat nasabah kegiatan
promosi merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi dan mempengaruhi
nasabah. Selain itu efektivitas pembukaan rekening online berupa kemudahan
juga penting, karena langsung dirasakan dan digunakan oleh nasabah. Maka dari
itu peneliti mengangkat judul pengaruh efektivitas pembukaan rekening online
dan promosi terhadap minat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia.
Penelitianini menggunakan metode kuantitatif, sampel dalam penelitian ini
sebanyak 97 mahasiswa, denganteknik pengumpulan data menggunakan teknik
Purposive Sampling, yang dimana dalam pemilihan sampel menggunakan kriteria
tertentu sesuai fenomena dan kebutuhan yang diteliti. Pengumpulan data
dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa yang memiliki kriteria
yang telah melakukan pembukaan rekening online. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel efektivitas pembukaan rekening online (X1) dan
promosi pembukaan rekening online (X2) secara bersama-sama (simultan)
berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah (Y). Hal ini dapat dilihat
dari hasil uji f bahwa jumlah nilai fhitung > ftabel (175,351 > 3,093). Dengan nilai
signifikansi sebesar sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak H3 diterima.
Kata Kunci: Efektivitas Pembukaan Rekening Online, Promosi Pembukaan
Rekening Online, Minat Menjadi Nasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:06
Last Modified: 12 Jun 2024 03:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item
View Item