Peran Guru Dalam Memotivasi Siswa Untuk Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di SMA Negeri 3 Merangin

Mariyatul Kibtiyah, Dwi (2023) Peran Guru Dalam Memotivasi Siswa Untuk Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di SMA Negeri 3 Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI DWI-1 - Dwi Mariyatul.pdf] Text
SKRIPSI DWI-1 - Dwi Mariyatul.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru dalam memotivasi siswa
untuk mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di sekolah. Peran guru sangat
dibutuhkan dalam memajukan pendidikan bangsa, setiap pembelajaran yang akan
dipelajari baik itu disekolah atau kegiatan-kegiatan diluar sekolah sangat
diperlukan peran dari seorang guru sebagai pembimbing, pembina, pelatih
ataupun sebagai motivator. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk
mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa untuk
mengikuti kegiatan keagamaan di SMA Negeri 3 Merangin, kedua untuk
menjelaskan faktor yang menyebabkan siswa kurang berminat untuk mengikuti
kegiatan keagamaan di SMA Negeri 3 Merangin dan yang ketiga adalah untuk
mengetahui strategi yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dalam
memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan keagamaan di SMA Negeri 3
Merangin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa untuk
mengikuti kegiatan keagamaan di SMA Negeri 3 Merangin sudah diuasahakan
semaksimal mungkin dan sudah pula dijalankan dengan baik. Dengan melihat
pada faktor yang penyebab siswa kurang termotivasi, yaitu banyak disebabkan
oleh keadaan maupun yang disebabkan oleh faktor psikologis siswa sendiri. Dari
faktor tersebut maka dibuatlah strategi oleh guru agar siswa termotivasi, seperti
menciptakan sistem penyajian yang menyenangkan. hal ini akan memberikan
jalan untuk guru pendidikan agama Islam dalam menjalankan peran sebagai
seorang pendidik, pembimbing, pembina bahkan pelatih.
Kata kunci : Peran, Motivasi, Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:48
Last Modified: 12 Jun 2024 02:48
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item
View Item