ooManajemen Pelayanan Haji Kementerian Agama Kota Jambi Terhadap Mabrurnya Jama'ah lfaji Tahun ?A22"

Zulkifli, Heri (2023) ooManajemen Pelayanan Haji Kementerian Agama Kota Jambi Terhadap Mabrurnya Jama'ah lfaji Tahun ?A22". Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Heri Zulkifli 604180006 Manajemen Pelayanan Haji Kementerian Agama Kota Jambi Terhadap Mabrurnya Jama'ah Haji Tahun 2022 - Masher.pdf] Text
Heri Zulkifli 604180006 Manajemen Pelayanan Haji Kementerian Agama Kota Jambi Terhadap Mabrurnya Jama'ah Haji Tahun 2022 - Masher.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen pelayanan haji kementrian
agama kota jambi terhadap Mabrurnya Jama’ah Haji Tahun 2022. kurangnya
pengetahuan tentang syarat dan rukun haji sering kali menjadi penyebab tidak
mabrurnya haji, sedangkan manasik haji yang dilaksanakan waktunya juga
terbatas. Ketua regu / kelompokpun juga dipilih dari jama’ah berdasarkan umur,
bukan berdasarkan pengetahuannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
penelitian yang digunakan adalah: Manajemen dan psikologi adapun sumber data
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji,
Staf-staf bagian Analisis Kepegawaian Kementerian Agama Kabupaten Kota
Jambi. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian
ini, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Lalu, tehnik
pengelohan dan analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu:
reduksi data, display data, analisis perbandingan, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kota Jambi
memberikan pelayanan yang cukup baik yang meliputi administrasi, pendaftaran
haji, bimbingan manasik haji, transportasi, akomodasi, kesehatan, proses
pemberangkatan dan pemulangan. Faktor pendukung Kementerin Agama Kota
Jambi yaitu adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dan ulet kepada pihak
atau instansi terkait sehingga dapat mempermudah kelancaran dalam pelaksanaan
pelayanan ibadah haji, sarana dan prasana pendukung dalam pelayanan
pendaftaran, adanya subsidi dari pemerintah, keramahan yang diberikan dari
petugas yang melayani calon jama’ah haji, adanya petugas yang alhi dalam bidang
pelayanan jama’ah haji.
Kata Kunci : Haji, Karakter Sosial, Jama’ah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:44
Last Modified: 12 Jun 2024 02:44
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item
View Item