Implementasi Keterampilan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Rasyid Sungai Rawa Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir.

Haidir, Haidir (2023) Implementasi Keterampilan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Rasyid Sungai Rawa Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of TESIS HAIDIR (1) - haidir dir.pdf] Text
TESIS HAIDIR (1) - haidir dir.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi keterampilan
kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru.
Berdasarkan observasi awal dilapangan penulis menemukan masih
terdapat kinerja guru yang belum terpenuhi seperti, tidak bersedia untuk
melakukan supervisi, terlambat datang saat mengajar, keluar pada saat
jam pelajaran, dan kurangnya kedisiplinan yang diterapkan oleh kepala
sekolah kepada guru, berdasarkan fenomena di atas yang menjadi pokok
permasalahanya yaitu kinerja guru, Apakah penerapan keterampilan yang
dilakukan kepala sekolah dapat memberikan peningkatan terhadap kinerja
guru ? maka terdapat 3 rumusan masalah yaitu bagaimana keterampilan
kepemimpinan kepala madrasah, faktorfaktor apa saja yang menghambat
guru dalam meningkatkan kinerjanya, dan bagaimana upaya kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru
Penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan analisis
deskriptif. Nara sumber utama dalam penelitian ini adalah Kepala
Madrasah dan Guru.
Hasil penelitian ditetapkan temuan pertama bahwa implementasi
keterampilan kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Rasyid
Sungai Rawa secara umum sudah cukup baik akan tetapi masih terdapat
beberapa katagori yang belum terpenuhi dengan optimal diantaranya
peningkatan penguasaan landasan pendidikan, penggunaan media dan
sumber belajar, serta penilaian hasil belajar, untuk factor yang
menghambat peningkatan kinerja guru antara lain penguasaan bahan
ajar,pengelolaan kelas yang belum maksimal, kurangnya penggunaan
metode pembelajaran, penggunaan media atau sumberbelajar yang
belum memadaiserta kegiatan supervise atau penilaian yang belum
terlaksana dengan optimal sehingga menghambat guru dalam
meningkatkan kinerjanya sebagai pendidik.dan upaya yang dilakukan
kepala madrasah antara lain memberikan penyuluhan terhadap guru yang
ada di madrasah memberikan pelatihan dan motivasi dalam penggunaan
media pembelajaran
Kata Kunci: Kepemimpinan, Peningkatan, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: editor
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:41
Last Modified: 12 Jun 2024 02:41
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item
View Item