PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII A DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MUARO JAMBI

Aryani, Fadila Dinda and Anwar, Kasful and Muhammad, Habib (2021) PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII A DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Muaro Jambi)
FADILA DINDA ARYANI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa untuk mata pelajaran PAI kelas VIII yang masih jauh dari KKM yang di tentukan yaitu 7,30 dari 30 siswa sedangkan nilai siswa banyak yang kurang yang belum berstandarkan nilai sekolah. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran yang belum efektif sehingga bahan ajar yang diberikan hanya terbatas pada yang diajarkan guru bahkan itupun jarang diulang-ulang oleh siswa, kurang cermat dan pemahaman yang lemah terhadap suatu materi atau soal yang diberikan dan juga kurangnya referensi bahan ajar serta jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi E-Learning Berbasis Google Classroom adapun penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 4 alur yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa kelas VIII yang terdiri dari 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada setiap siklus, pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 53%, dengan jumlah siswa 16 orang yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 70, dan setelah di laksanakan siklus 2 persentase meningkat menjadi 80% dengan jumlah siswa 24 orang yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai 80. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom bisa meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:35
Last Modified: 12 Nov 2021 02:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item