STRATEGI MARKETING RETAILING 212 MART DI KOTA JAMBI

NINGSIH, RTS. EKA SETYA and Majid, M. Nazori and Fielnanda, Refky (2021) STRATEGI MARKETING RETAILING 212 MART DI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI MARKETING RETAILING 212 MART DI KOTA JAMBI)
501171752 STRATEGI MARKETING RETAILING 212 MART DI KOTA JAMBI- lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

212 Mart adalah bisnis ritel modern dengan format convenience (minimarket) sebagai entitas Islam community based. Berawal dari Koperasi Syariah 212 yang merintis brand 212 sebagai wujud perjuangan membangun kemandirian ekonomi umat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing 212 Mart melalui analisis 7R dalam retailing dan alternatif strategi pengembangan 212 Mart dalam menghadapi pesatnya kompetitor bisnis ritel di Kota Jambi. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner. Menggunakan mix methods berupa analisis data kualitatif Miles dan Huberman dan kuantitatif Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam kegiatan marketing, 212 Mart belum optimal dalam penerapan strategi right in place dan strategi right appeals promotion, sehingga 212 Mart mengalami perkembangan yang lambat. (2) Posisi 212 Mart terletak pada kuadran IV (-,-) dengan jumlah skor (-0,11;-0,7). Diinterprestasikan bahwa 212 Mart di Kota Jambi berada pada situasi yang tidak menguntungkan, sulit dan mengancam. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah strategi defensive (bertahan) agar tetap survive. 212 Mart diharuskan fokus pada kombinasi strategi W-T (Weakness-Threat) dengan segera mengevaluasi performa internal supaya kedudukan perusahaan tidak semakin merosot. Strategi ini dipertahankan sembari terus berusaha memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan perusahaan sepanjang beroperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Marketing, Analisis SWOT, Ritel, 212 Mart
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:49
Last Modified: 15 Nov 2021 02:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9835

Actions (login required)

View Item View Item