PENERAPAN PENDEKATAN PSIKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

Ahdina, and Musyaddad, Kholid and Aris, Dwi Nugroho (2018) PENERAPAN PENDEKATAN PSIKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
AHDINA-tpg141073 - Ahdina Jambi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan pendekatan psikologi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap Pada mata Pelajaran SKI Untuk meningkatkan hasil belajar Siswa di MIN Kota Jambi. Fokus dari penelitian ini yaitu pada aspek pada pembelajaran SKI dengan menggunakan pendekatan psiklogi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Untuk mengetahui Penggunaan dengan melalui pendekatan psikologi Terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV MIN Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa, terdiri dari perempuan . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pembelajaran SKI melalui pendekatan psikologi meningkat di setiap siklus. persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus II meningkat 68% dari siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 88,5 %dari kondisi awal sebelum PTK. Prsentase keterampilan Kognitf siswa meningkat dari 64,6% pada siklus pertama menjadi 82,5%% pada siklus kedua. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil Keterampilan Hasil belajar siswa kelas IV MIN Kota Jambi dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah melakukan pendekatan psikologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kholid Musyaddad
Keywords / Katakunci: SKI, pendekatan psikologi, motivasi belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 May 2019 06:11
Last Modified: 11 Nov 2019 03:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item