THE EFFECT OF USING LRD (LISTEN, READ, DISCUSS) STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION AT TENTH GRADE IN SMAN TUAH KEMUNING INDRAGIRI HILIR, RIAU

Rudianto, TE141042 and Zurnelli, Netti and Nafiah, Uyun (2018) THE EFFECT OF USING LRD (LISTEN, READ, DISCUSS) STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION AT TENTH GRADE IN SMAN TUAH KEMUNING INDRAGIRI HILIR, RIAU. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TE141042_Rudianto_PBI - Andri Feriyanto.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui pengaruh menggunakan strategi LRD (Listen, Read, Discuss). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMAN Tuah Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa tidak bisa memahami teks dengan baik. Oleh karena itu peneliti menggunakan strategi Listen Read Discuss untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain quasi experimental, penulis menggunakan 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi Listen Read Discuss dan kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol menggunakan strategi Read Aloud. Perlakuan diberikan 10 kali untuk kedua kelas. Materi yang diajarkan adalah teks naratif. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item. Di akhir pertemuan, peneliti memberikan posttest. Nilai rata-rata akhir yang diperoleh dari kedua kelas dianalisis dengan menggunakan T-test dengan tingkat signifikansi ɑ = 0,05. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan strategi LRD dalam pembelajaran membaca. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata siswa di kelas eksperimen pre-test (2028) dan post-test (2419), sedangkan nilai rata-rata dari pre-test kelas kontrol (1589) dan post-test (1991). t o 5,912 dan df 58. Yang diperoleh dibandingkan dengan t tabel baik pada 5% atau 1%. Pada level 5% t tabel adalah 1,672 dan pada level 1% t tabel adalah 2,392. Berdasarkan t tabel, dapat dianalisis bahwa lebih tinggi dari t tabel baik pada level 5% dan 1%. Dengan kata lain, kita dapat membaca 1.672 <5.912> 2.392. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan strategi LRD terhadap pemahaman bacaan pada kelas sepuluh di SMAN Tuah Kemuning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: LRD ( Listen, Read, Discuss), Narrative text, Reading Aloud strategy and Reading Comprehension
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Feb 2020 02:53
Last Modified: 17 Feb 2020 02:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item