PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA IT ASH SHIDDIIQI

LIANA, WAHYU and Junaid, M. and Sukarno, Sukarno (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA IT ASH SHIDDIIQI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA di SMA it Ash Shiddiiqi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh pola berpikir siswa terhadap hasil belajar. 3) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh antara gaya belajar dan pola berpikir terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey jumlah sampel 27 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket gaya belajar dan pola berpikir dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Tidak pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran fisika dengan nilai sign 0,218 > 0,05 untuk gaya belajar visual, nilai sign 0,640 > 0,05 untuk gaya belajar auditorial dan nilai sign 0,705 > 0,05 untuk gaya belajar kinestetik. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pola berpikir siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran fisika karena nilai sign. 0,555 > 0,05 untuk pola pikir sekuensial konkret, nilai sign. 0,874 > 0,05 untuk pola pikir acak abstrak, nilai sign. 0,236 > 0,05 untuk pola pikir acak abstrak dan nilai sign. 0,210 > 0,05 untuk pola pikir acak konkret. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan pola berpikir siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran fisika. Dari perhitungan menggunakan softwer SPSS.21 nilai sign untuk F sebesar 0,659 > 0,05 dan nilai F hitung 0,425 < 3,39 F table yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel X1 dan X2 terhadap Y.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
100 Filsafat dan Psikologi > 101 Teori Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:54
Last Modified: 02 Nov 2021 03:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9636

Actions (login required)

View Item View Item