PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD

Astuti, Nur Yuniati Dewi and Fatmawati, Kiki and Muhsinin, Umil (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran matematika di kelas IV A madrasah ibtidaiyah nurul ittihad kota jambi)
NURYUNIATI DEWI ASTUTI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan proses pembelajaran dari tahapan siklus I dan siklus II yaitu dapat diketahui bahwa setelah dilakukannya Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika tentang bangun datar persegi dan persegi panjang. Yang mana bisa kita lihat dari tabel hasil presentasi ketuntasan nilai siswa yang ada pada tahapan pra siklus yaitu 49% ( sangat kurang), saat dilakukan tahapan siklus I yaitu sedikit mengalami peningkatan menjadi 65,5 % (kurang), dan kemudian setelah dilakukannya tahapan kegiatan pada siklus II terjadinya peningkatan hasil yang diperoleh menjadi 78,3% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problem Based Learning (PBL), Matematika, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:12
Last Modified: 04 Nov 2021 03:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9632

Actions (login required)

View Item View Item