KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU

Purnama, Ima and Marwazi, Marwazi and Dja'far, Halimah (2021) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Membina Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kabupaten Indragiri Hilir Riau)
MPA1822979 KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU – 185 HLM.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Tentang kompetensi kepribadian guru dalam membina karakter siswa khususnya kelas VIII Berdasarkan observasi awal lapangan penulis mengamati bahwa masih banyak karakter siswa yang tidak disiplin waktu, seperti terlambat datang saat mengikuti pelajaran, terlambat saat upacara pagi, terdapat juga siswa yang bolos saat jam pelajaran terakhir selain itu kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran. berdasarkan fenomena di atas yang menjadi pokok permasalahan nya terkait kepribadian guru, apakah kepribadian guru itu dapat menjadi pola ukur dalam pembinaan karakter siswa? maka terdapat 3 rumusan masalah yaitu bagaimana kompetensi kepribadian guru dan karakter siswa, upaya yang di lakukan guru, serta kendala yang di hadapi guru dalam membina karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sebagai subjek penelitian adalah siswa dan guru. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisa data menggunakan model Miles and Hubermen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi kepribadian guru dan karakter siswa telah di terapkan oleh guru melalui pembiasaan yang di lakukan di sekolah yaitu :penampilan yang mantap, bersikap terbuka, dewasa, arif dan bijaksana, dapat mengendalikan emosi, menjadi teladan bagi siswa dari beberapa indikator yang belum terpenuhi dengan baik dalam pelaksanaanya yaitu sikap yang stabil dalam memberikan sanksi kepada siswa, dan kreativitas guru dalam mengajar serta kewibawaan guru dalam menghadapi siswa. untuk keadaan karakter siswa pada umumnya sudah cukup baik namun memiliki belum optimal dalam hal disiplin waktu, kerajinan siswa dalam mengerjakan tugas dan kurang memperhatikan penjelasan yang di berikan guru. upaya yang di lakukan guru yaitu menyelenggarakan ekstrakurikuler, membuat tata tertib sekolah, memberi nasehat, memberikan reward dan funishment, dan kendala yang di hadapi guru yaitu dari segi siswa, kerjasama guru dan orang tua, keterbatasan waktu, sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Karakter Siswa, Madrasah tsanawiyah Nurul Iman
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:11
Last Modified: 03 Nov 2021 04:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item