UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Arsyah, Nur and Anwar, Kasful and Kurniawan, Yudi (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN Sultahn Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Guru Pendidikan Agaman Islam dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Gadget Terhadap Akhlak siswa Kelas X di sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Jambi)
201172353-Upaya guru pendidikan islam dalam mengantisipasi dampak negatif gadget terhadap akhlak siswa kelas X di sekolah menengah atas mnegeri 10 Kota jambi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa terdapat dampak negatif yang di timbulkan dari teknologi informasi berupa gadget dalam bentuk perilaku atau akhlak yang tidak sejalan dengan tuntunan ajaran agama Islam sehingga membutuhkan upaya dari guru PAI dalam mengantisipasi dampak negatif penggunaan gadget terhadap akhlak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget terhadap akhlak siswa dan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengantisipasi dampak negatif penggunaan gadget terhadap akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian pada penelitian ini yakni guru Pendidikan Agama Islam, siswa/siswi muslim X IPS 2, kepala Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian: (1) Penggunaan gadget pada siswa mempunyai dampak positif: menambah wawasan/pengetahuan, memudahkan komunikasi, memudahkan mencari materi pelajaran, dan media hiburan. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget diantaranya: mempengaruhi siswa menjadi malas belajar, kurang memperhatikan pelajaran di kelas, melanggar aturan yang diberikan guru terkait gadget, lupa waktu, kecanduan, dan sebagian siswa melupakan kewajibannya sebagai seorang muslim dalam hal sholat. (2) Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengantisipasi dampak penggunaan gadget terhadap akhlak siswa: memberikan pendampingan, menanamkan nilai agama dan moral, selalu menasehati para siswa, memberikan contoh yang baik, memberikan teguran, menyita gadget, dan mengikutsertakan siswa dalam kegiatan keagamaan, dipanggil oleh guru Bimbingan Konseling, sedangkan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menyikapi dampak penggunaan gadget adalah: melakukan pembinaan kepribadian salah satunya dengan program rohis, budaya senyum, sapa, salam,sopan, santun, dan memberi sangsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Upaya guru Pendidikan Agama Islam, gadget, siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:42
Last Modified: 03 Nov 2021 07:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9601

Actions (login required)

View Item View Item