UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MEMBANTU KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH MAZNIYAH KOTA JAMBI

FITRI WAHYUNI, FITRI WAHYUNI and Anwar, Kasful and Asiah, Siti (2021) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MEMBANTU KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH MAZNIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MEMBANTU KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH MAZNIYAH KOTA JAMBI)
SKRIPSI FITRI WAHYUNI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Membantu Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Tarbiyah Mazniyah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan kualitatif yang dilihat dari sudut pandang pendidikan, sedangkan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru Al-Qur;an Hadits, siswa yang kurang lancar membaca Al-Qur’an, dan kepala sekolah. Sample diambil dengan cara snowball sampling. Analisis data ini menggunakan analisis flow model yang terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: A.Kondisi kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di madrasah aliyah tarbiyah mazniyah kota jambi. 1)siswa kurang lancar dalam membaca al-qur’an. 2).Siswa-siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah, kurang memahami ilmu tajwid. B.Kendala yang di hadapi oleh guru al-qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-qur’an di madrasah aliyah tarbiyah mazniyah kota jambi. 1). Kurangnya dasar pendidikan al-qur’an sejak dini. 2).Siswa malas belajar al-qur’an. 3). Keterbatasan waktu belajar. C.Upaya guru al-qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-qur’an di madrasah aliyah tarbiyah mazniyah kota jambi. 1), mengadakan kegiatan ekstra kurikuler. 2).Menggunakan metode bervariasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam membantu kesulitan siswa membaca Al-Qur’an sudah cukup baik untuk menjadikan siswa dalam membaca Al-Quran lebih baik dari sebelumnya, semua ini tidak terlepas dari kerja sama semua guru al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: upaya guru al-qur’an hadits, kesulitan membaca al-qur’an
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:14
Last Modified: 29 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9589

Actions (login required)

View Item View Item