PENERAPAN AUTHENTIC ASESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI

Ade Irma Suryani, TF140545 and Nasrun, and Sukmawati, Nissa (2018) PENERAPAN AUTHENTIC ASESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TF 140545 ADE IRMA SURYANI TADRIS FISIKA - Ade Irma.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan authentic assessment dalam pembelajaran IPA. Kajian dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya guru dalam menerapkan berbagai model penilaian yang merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan mengembangkan sistem penilaian autentik dalam pembelajaran IPA melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dirancang dalam 2 siklus dan dilaksanakan di kelas VIII 1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi kinerja guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem authentic assessment dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu hasil rata- rata tes akhir siswa pada akhir siklus II adalah: 76,64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81,82%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan authentic assessment dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Authentic asessment, Kinerja Guru, Pembelajaran Fisika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:02
Last Modified: 13 Feb 2020 04:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item