PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

Rika Armaida, TF140582 and AR, Nasrun and Kafrita, Nova (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TF. 140582.Rika Armaida. PRODI TADRIS FISIKA-compressed - rika armaida.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menge tahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dan desain posttest only control design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Jambi. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan VIII A yang diambil secara cluster random sampling. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai > (1,99 < 4,39 > 2,64) pada taraf signifikan 5% dan 1%. Hasil uji korelasi phi (φ) menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi penggunaan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Jambi, hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi phi (φ) yang memperoleh nilai > (0,217 < 0,375 > 0,283) pada taraf signifikan 5% dan 1%. Hasil penelitian ini, menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam kegiatan pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:22
Last Modified: 13 Feb 2020 03:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item