PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN NUR TANGKIT MUARO JAMBI

Febry Ana, TF120857 and AR, Nasrun and Wirman, Rahmi Putri (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN NUR TANGKIT MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TF.120857_Febry Ana_Tadris Fisika - sandi kurnia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimen-Posttest-Only Control Group Design, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling. Penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T-test yang memperoleh 2,02 < 3,27 > 2,71 pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode demonstrasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil penjelasan Tabel Korelasi Phi yang memperoleh 0,288 < 0,475 > 0,372 pada taraf signifikan 5% dan 1%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA Terpadu terutama pada materi cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPA Terpadu
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:08
Last Modified: 13 Feb 2020 03:08
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item