IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA USAHA IWAN GORENG-GORENG(IGGO) KULINER JAMBI DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM

Sundari, Leni and Addiarrahman, Addiarrahman and Zahara, Anzu Elvia (2021) IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA USAHA IWAN GORENG-GORENG(IGGO) KULINER JAMBI DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA USAHA IWAN GORENG-GORENG (IGGO) KULINER JAMBI DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM)
SKRIPSI LENI SUNDARI NIM.501171640-IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA USAHA IWAN GORENG-GORENG (IGGO) KULINER JAMBI DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif, yaitu penelitian yang mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi, maupun dokumentasi selama mengadakan penelitian di IGGO Kuliner Jambi. Penerapan strategi digital marketing sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan. Berhasil atau tidak suatu perusahaan sangat dientukan oleh strategi pemasaran yang efektif dalam bersaing merebut konsumen juga peran media digital yang saat ini menjadi media pemasaran modern. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui implementasi digital marketing pada usaha Iwan Goreng-Goreng (IGGO) Kuliner Jambi, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi IGGO Kuliner dalam mengimplementasikan digital marketing berdasarkan Etika Bisnis Islam. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1)IGGO Kuliner sudah menerapkan penggunaan media digital sesuai dengan indikator yang ada pada Etika Bisnis Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW seperti shiddiq (berlaku jujur), amanah (terpercaya), tabligh (komunikatif/menyampaikan), dan Fathanah (kecerdasan). 2) Akan tetapi, masih ada beberapa kendala dalam menerapkan pemasaran menggunakan digital marketing karena kurangnya pemahaman dan manajemen yang tepat oleh perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran menggunakan media digital. Sehingga ada bagian dari indikator yang belum optimal diterapkan seperti pada tabligh (komunikatif/menyampaikan) hal ini ditunjukkan dengan kurang spesifiknya dalam mengelola iklan produk yang ditampilkan untuk konsumen, kemudian kurang lancarnya hubungan komunikasi dua arah dengan konsumen dalam hal tanggapan. Kemudian pada indikator fathanah diketahui bahwa IGGO Kuliner hanya menggunakan satu media pemasaran dari digital marketing yaitu media sosial. IGGO belum memiliki website perusahaan sendiri yang dapat menghubungkan secara langsung antara perusahaan dengan konsumen yang dapat memudahkan konsumen untuk bertransaksi secara langsung melalui online. The study is qualitative in nature with the descriptive analysis technique in which data from various sources, such as interviews, observations and documenta-tion, during the research time at IGGO Kuliner Jambi, are collected and analyzed. Marketing strategy implementation plays an important role in a company’s performance. To succeed or to fail of a business depends heavily on the how effec-tive the marketing strategy is, in terms of winning the consumers. In addition, the role of digital media as the modern marketing tool is vital. The objectives of the re-search (1) to verify if digital marketing strategies are implemented at IGGO Kuliner Jambi, (2) to identify the challenges in the implementation of the strategies, based on the Islamic Business Ethics. The findings of the study reveal that (1) IGGO Kuliner has implemented digital media which are in line with the Islamic Business Ethics, as Rasulullah SAW exemplifies, such as shiddiq (being honest), amanah (being trustworthy), tabligh (being communicative), and fathanah (being smart); (2) there are some challenges in the implementation of the digital marketing; this is due to the lack of understand-ing and correct management in the business. This condition results in the less opti-mum implementation of the strategies. For instance, in the tabligh (being communi-cative), due to the lack of two-direction communication, the advertisement used to promote the product is not specific enough. As of the fathanah, there is only one kind of media used in the marketing, namely the social media. IGGO has not had its website, which can directly connect the business and its consumers, in such a way that online transaction is also available.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pemasaran, Online, Digital Marketing, Etika Bisnis Islam
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:42
Last Modified: 26 Oct 2021 02:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9525

Actions (login required)

View Item View Item