PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEGIATAN LABOR UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 02 MUARA TEMBESI

Nur Fatona Ria, TF130982 and Rizalman, and Abdurrahim, (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEGIATAN LABOR UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 02 MUARA TEMBESI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TF.130982_Nur Fatona Ria_Pendidika Fisika - bk - asni yuliani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Berbasis labor untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa di Madrasah Aliyah Negeri 02 Muara Tembesi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran problem Based Learning (PBL). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tekniktes. Peneliti menemukan bahwa pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Labor berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Fisika siswa di Madrasah Aliyah Negeri 02 Muara Tembesi. Hasil nilai rata-rata ulangan pada prasiklus yang didapat dari guru mata pelajaran yaitu 54.Dari analisa data menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermen didapatkan pada siklus I nilai rata-rata yang dihasilkan sebesar 73 dengan siswa yang tuntas sebesar 70% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam kategori Aktif. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80 dengan siswa yang tuntas sebanyak 85% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan walaupun masih berada dikategori aktif. Pada siklus lanjutan (siklus III) nilai rata-rata yang dihasilkan meningkat kembali menjadi 85 dengan siswa yang tuntas sebesar 92% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajran menjadi Sangat Aktif. yang membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Labor memberi efek yang besar terhadap Kompetensi Fisika siswa dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru di Madrasah Aliyah Negeri 02 Muara Tembesi. Hasil Penelitian menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Labor dalam kegiatan pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Laboratorium, Kompetensi Fisika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:52
Last Modified: 13 Feb 2020 02:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item