EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL) DENGAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM

Muhammad Ahir, TF140567 and Junaid, Junaid and Rustan, (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL) DENGAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TF.140567_MUHAMMAD AHIR_PENDIDIKAN FISIKA - ahir muhammad.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi Kelas X pada materi gerak lurus GLB dan GLBB. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi dan tes. Soal tes tersebut digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik gain skor. Hasil pengelolahan data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 70,62% dan yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 59,06%. Standar deviasi yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 10,487%, dan yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 7,861%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika yang menggunakan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran SAVI, adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu t tabel = 2,02 < t hitung = 3,96 > t tabel = 2,70. Karena hasil uji hipotesis penilaian diperoleh t tabel = 5% , t hitung > t tabel = 1%, sehingga H 0 ditolak H a diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran SAVI efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Efektivitas, SAVI, hasil belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:47
Last Modified: 12 Feb 2020 04:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item