SEJARAH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NURUL HIDAYAH DESA LAGAN TENGAN KECAMATAN GERAGAI TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 1976-2020

Perhatiana, Deni and Hadi, Syamsu and Gunawan, Hendra (2021) SEJARAH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NURUL HIDAYAH DESA LAGAN TENGAN KECAMATAN GERAGAI TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 1976-2020. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Sejarah Lembaga Pendidikan Islam Nurul Hidayah Desa Lagan tengah Kecamatan Geragai Tanjung Jabung Timur Tahun 1976-2020)
402170793_Deni Perhatiana_Sejarah Lembaga Pendidikan Islam Nurul Hidayah Desa Lagan tengah Kecamatan Geragai.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Sejarah lembaga pendidikan Islam memilki peranan penting dalam proses perkembangan pendidikan khususnya Islam di Indonesia. Karena dalam perjalanannya Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia melahirkan para generasi yang akan mengemban tugas-tugas yang ada dalam masayarakat. Penelitian ini membahas tentang sejarah lembaga pendidikan Islam yang ada di Desa Lagan Tengah Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 1976-2020. Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan lembaga pendidikan Islam di Desa Lagan Tengah dari Tahun 1976-2020. Kedua, untuk mengetahui bagaimana tradisi Lembaga Pendidikan Islam Nurul Hiayah Desa Lagan Tengah Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta bagaiamana jaringan keilmuan Lembaga Pendidikan Islam Nurul Hidayah Desa Lagan Tengah Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur dari tahun 1976-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dalam penelitian sejarah dengan beberapa tahapan yaitu, Heruistik (Pengumpulan Data), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi (Analisis Fakta Sejarah), Dan Historiografi (Penulisan Sejarah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah berdirinya pondok pesantren Nurul Hidyah bermula sejak tahun 1976 dengan alasan sebagai wadah pendidikan bagi anak-anak yang ada di Desa Lagan Tengah. Dengan berdirinya lembaga pendidikan Islam Nurul Hidayah menjadi satu-satunya wadah pendidikan berbasis Islam yang ada di Desa Lagan Tengah. Perkembangan pondok pesantren Nurul Hidayah selalu mengalami kemajuan mulai dari sistem kurikulum dan pembelajaran, sarana dan prasarana serta jenjang pendidikan yang dimulai dari tingkat MI, MTS, dan MA. Tradisi yang berkembang di pondok pesantren Nurul hidayah dibagi dalam dua kategori yaitu tradisi umum yang mana tradisi ini sama dengan pondok pesantren pada umumnya, seperti pembelajaran kitab kuning dan mondok. Kategori kedua yaitu tradisi khusus yang mana tradisi ini hanya ada di lembaga pendidikan Islam Nurul Hidayah dan tidak semua pondok pesantren ada seperti tradisi pembacaan Sholawat Burda di setiap waktu sholat, dzikir pagi dan petang, kesenian dan muhadhoroh. Dalam urusan jaringan keilmuan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Hidayah merupakan campuran dari beberap lembaga pendidikan yang mana jaringan ini di adopsi dari tempat belajarnya para guru yang ada di pondok pesantren Nurul Hidayah. Jaringan keilmuan tersebut diadopsi dari pondok pesantren Darul Istiqomah Ponorogo dan Pondok Pesantren Riyadhul Amien Jambi. perjalanan panjang pondok pesantren Nurul Hidayah memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap anak-anak serta masyarakat yang ada di Desa Lagan Tengah Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Lembaga Pendidikan Islam, Tradisi, Jaringan Keilmuan
Subjects: 000 Karya Umum
2x6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:44
Last Modified: 21 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9473

Actions (login required)

View Item View Item