AKUNTABILITAS KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA LABORATORIUM BAHASA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI JAMBI

SUHAIMI, SUHAIMI and Ritonga, Ahmad Husein and Anwar, Kasful (2021) AKUNTABILITAS KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA LABORATORIUM BAHASA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI JAMBI. Disertasi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (AKUNTABILITAS KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA LABORATORIUM BAHASA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI JAMBI)
DISERTASI SUHAIMI UNTUK REPOSITORI WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman terhadap akuntabilitas kepala madrasah dalam mengelola laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi, untuk mengetahui faktor-faktor akuntabilitas manajerial kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi, untuk mengetahu dampak akuntabilitas manajerial kepala madrasah dalam mengelola laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi, dan untuk menjelaskan model akuntabilitas kepala madrasah yang efektif dan efisien dalam mengelola laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Akuntabilitas dipahami dan dilaksanakan kepala madrasah sebagai pihak pemegang amanah (agent) untuk memberikan pertanggung jawaban, menyajikan, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktifitas dan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya kepada pihak pemberi amanah (prinscipal) yang memiliki hak dan kewenangan untuk meminta pertanggung jawaban. Sebagai pemangku pemegang kekuasaan dan kewenangan, kepala madrasah dalam memehuni standar pendidikan dan koridor kurikulum 2013, maka kepala madrasah turut menunjang dalam membangun keterampilan berbahasa melalau pengelolaan laboratorium bahasa. Dampak dari akuntabilitas manajerial kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi dengan adanya keterbukaan dan komitmen transparansi dari kepemimpinan kepala madrasah, adanya program dan proses yang mendorong keterbukaan seluruh warga madarasah, adanya kejelasan dari sasaran kebijakan yang diambil, dan sudah sesuai dengan visi dan misi sekolah, serta standar nasional pendidikan, adanya mekanisme untuk menjamin bahwa standar nasional pendidikan telah terpenuhi, dengan konsekuensi adanya pertanggungjawaban jika hal tersebut tidak terpenuhi, adanya konsistensi dalam mencapai target operasional yang telah ditetapkan maupun prioritas dalam mencapai target tersebut, serta adanya penyebarluasan informasi mengenai suatu keputusan, tersedianya informasi yang akurat tentang cara-cara mencapai sasaran suatu program. Kesimpulan penelitian ini melahirkan rancangan model akuntabilitas manajerial kepala madrasah dalam mengelola laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi dengan gaya kepemimpinan serta merumuskan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan kepala madrasah untuk mendukung semua program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas madrasah. Laboratorium bahasa di madrasah telah tersedia dan terpenuhi. Keberadaan laboratorium bahasa dapat meningkatkan pencapaian pembelajaran bahasa peserta didik apabila laboratorium tersebut dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Keywords / Katakunci: Akuntabilitas, Laboratorium Bahasa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Doktoral > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:19
Last Modified: 26 Oct 2021 02:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item