PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA RENAH PEMBARAP KABUPATEN MERANGIN

AL MAHFUZ, AL MAHFUZ and Julis, Dailami and Muhammad, Habib (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA RENAH PEMBARAP KABUPATEN MERANGIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA RENAH PEMBARAP KABUPATEN MERANGIN)
SKRIPSI AL MAHFUZ.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Model Think pair Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran yang perlu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena model think pair share (TPS) dirancang untuk mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan yang diberikan guru dari suatu konsep melaui sistem kerja kelompok salah satu masalah yang dihadapi dalam belajar fiqih yang tercantum dalam skripsi ini yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan dalam proses belajar mengajar yang diterapkan oleh guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik masih merasa gugup untuk bertanya, malu mengemukakan pendapatnya. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Mts Swasta Renah Pembarap. Dan penelitian ini bertujuan ialah untuk mengetahui meningkatan hasil belajar dengan model think pair share (TPS) pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Mts Swasta Renah Pembarap. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena ruang lingkupnya dalam pembelajaran disekolah yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap paparan datayang didapatkan oleh peneliti, penyimpulan. Adapun metode pengumpulan dalam pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah hasil belajart siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model think pair share (TPS) pada siswa kelas VIII Mts Swasta Renah Pembarap. Hal ini dapat dilihat dari sebelum penerapan nilai tes hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM 46,6%kemudian yang tidak mencapai KKM adalah 53,3% kemudian setelah menggunakan model think pair share (TPS) dapat diketahui hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasa hanya 73,3% kemudian pada siklus 2 siswa mencapai hasil ketuntasa yaitu 86,6% sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VIII Mts Swasta Renah Pembarap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:02
Last Modified: 21 Oct 2021 07:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item