PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI TEKS DESKRIPTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DI SMP NEGERI 16 MERANGIN

Sarfini, P.p.212.1.1595 and Yamin, Martinis and Hakim, Lukman (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI TEKS DESKRIPTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DI SMP NEGERI 16 MERANGIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
THESIS - Sarfini Rayhan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan bahan ajar bahasa inggris berbasis multimedia interaktif pada materi teks deskriptif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di smp negeri 16 merangin dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli desain, ahli media dan tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah terdiri dari analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk dan pembuatan produk, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data yang dihasilkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi melalui informen, hasil belajar dan motivasi siswa. Hasil penelitian pengembangan pengembangan bahan ajar bahasa inggris berbasis multimedia dalam meningkatan hasil belajar dan motivasi siswa pada kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran serta ditanggapi sangat baik oleh siswa. Kesimpulan hasil penelitian setelah belajar dengan pengembangan bahan ajar bahasa inggris berbasis multimedia interaktif pada materi teks deskriptif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di smp negeri 16 merangin mengalami peningkatan dari persentase ketuntasan kelas dari 42% meningkat menjadi 90%. Untuk persentase motivasi dari 54,9 % sebelum menggunakan bahan ajar yang dikembangkan menjadi 81,1% motivasi setelah menggunakan bahan ajar bahasa inggris berbasis multimedia interaktif. Implikasi penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pembelajaran bahasa inggris sehingga proses pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengembangan, Bahan ajar, Multimedia, Motivasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Teknologi Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Feb 2020 06:46
Last Modified: 11 Feb 2020 06:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item