EKSISTENSI SYAFAAT DALAM TAFSIR SUNNI DAN MU’TAZILAH (STUDI KOMPARATIF ANTARA TAFSIR MAFATIHUL GHAIB DAN TAFSIR AL-KASSYAF)

Irawan, Ade and Ghaffar, Abd and Nurhasanah, (2018) EKSISTENSI SYAFAAT DALAM TAFSIR SUNNI DAN MU’TAZILAH (STUDI KOMPARATIF ANTARA TAFSIR MAFATIHUL GHAIB DAN TAFSIR AL-KASSYAF). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
ADE IRAWAN-UT150186 - Dinni Computer.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh keingintahuan penulis terhadap keberadan syafaat menurut Sunni dan Mu’tazilah, yang kedua aliran tersebut berbeda pendapat mengenai keberadaannya, Sunni sendiri mengakui keberadaan dan kebenarannya, sedangkan Mu’tazilah menafikan keberadaan dan kebenarannya. Penulis memperpadukan dua kitab tafsir untuk menjelaskan tentang keberadaan dan kebenaran syafaat tersebut, yaitu tafsir Mafatihul Ghaib karya Fakrudddin Al-Razi dan tafsir Al-Kasyaf karya Al-Zamakhsyari, yang kedua tokoh kitab tafsir tersebut menganut aliran Sunni dan Mu’tazilah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penilitian kepustakaan (library research) objek penelitian terfokus pada tafsir Mafatihul Ghaib dan tafsir Al-Kasyaf, sebagai data atau sumber primer. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan ilmu tafsir, dengan metode tahlili (analisis) dalam tehnis deskriptif, kualitatif dan eksploratif. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Syafaat diyakini keberadaannya oleh para ulama, terutama Sunni termasuk juga Mu’tazilah hanya saja mereka berbeda pendapat mengenai keberadaan syafaat tersebut. (2) Dalam tafsir Mafatihul Ghaib penafian syafaat hanya di tujukan kepada orang-orang kafir saja. (3) Dalam tafsir Al-Kasyaf penafian syafaat di tujukan kepada orang-orang kafir dan orang Mukmin yang melakukan dosa besar dan ahli maksiat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdul Ghaffar
Keywords / Katakunci: syafa'at, sunni, mu'tazilah
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu yang berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
2x2 Hadits dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 May 2019 05:49
Last Modified: 11 Nov 2019 03:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item