PENERAPAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA NUSANTARA KOTA JAMBI

YULITA LAKSANA, ANGGRINI and Usmar, Ali and Wendra, Betri (2021) PENERAPAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA NUSANTARA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA NUSANTARA KOTA JAMBI)
ANGGRAINI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis hasil belajar siswa dalampembelajaran matematika materi segitiga dengan berbantuan Aplikasi geogebra yang bermetode aplikasi . Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 6 orang siswa pada materi segitiga. Instrumen yang digunakan yaitu pertanyaan soalhasil belajar dengan 4 pertanyaan.Pertanyaan tersebut digunakan untuk mencari hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga dengan berbantuan aplikasi Geogebra. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada materisegitiga dengan berbantuan aplikasi geogebra menunjukkan hasil positif dengan respon perolehan rata-rata presentase 74,9%dan dikategorikan kuat. Rata-rata tersebut tersebut diperoleh oleh setiap indikator belajar yang telah diberikan kepada setiap responden. Dari hasil perhitungan didapat nilai rata-rata skor proses belajar kelompok eksperimen nilai rata-rata sebesar 81,66 dengan standar deviasinya 86,72 dan untuk kelompok kontrol sebesar 82,5 dengan standar deviasinya 82,91.Nilai rata-rata hasil belajar posttest kelompok eksperimen sebesar 81,0 dengan standar deviasinya 97,08. Dan untuk kelompok kontrol sebesar 75 dengan standar deviasinya 61,86. Kemudian data tersebut dilakukan uji “ ” diperoleh hasil 0,990 0,01 0,950 untuk nilai proses belajar siswa dan 0,990> 0,01<0,950 untuk nilai posttest. Setelah membandingkan antara dengan ternyata pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%. Dengan demikian Hipotesis alternatif ( ) diterima dan ( ) ditolak. Berarti ada pengaruh antara penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap proses dan hasil belajar siswa di SMAS Nusantara kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Aplikasi Geogebra, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:31
Last Modified: 11 Oct 2021 06:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9344

Actions (login required)

View Item View Item