PERBANDINGAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN MODEL LEARNING CYCLE PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 ATAP SATU PENGABUAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Fitri Lestari, TM140703 and Musa, Musa and Kukuh, (2018) PERBANDINGAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN MODEL LEARNING CYCLE PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 ATAP SATU PENGABUAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TM. 140703 FITRI LESTARI - Fitri Lestari.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Perbandingan Model Advance Organizer dengan Model Learning Cycle Pada Kemampuan Pemahaman Konsep di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Atap Satu Pengabuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental Design yaitu Only Control Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test soal. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen I (VII A) lebih baik dari pada kelas eksperimen II (VII C). Kelas eksperimen I yang menerapkan model Advance Organizer memperoleh nilai tertinggi , nilai terendah , dan rata-ratanya , sedangkan kelas eksperimen II yang menerapkan model Learning Cycle memperoleh nilai tertinggi , nilai terendah ,dan rata-ratanya , dan terbukti bahwa nilai kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan model Advance Organizer lebih tinggi nilainya dibandingkan nilai kemampuan pemahaman konsep yang menggunakan model Learning Cycle. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t, penelitian menemukan bahwa dengan , melalui proses interpolasi diperoleh taraf signifikan dan taraf signifikan . Ternyata ( ). Hal ini menunjukkan bahwa diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa antara yang di ajar dengan Advance Organizer dengan Learning Cycle pada siswa kelas VII di sekolah menengah pertama negeri 1 atap satu pengabuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Advance Organizer, Learning Cycle, dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:19
Last Modified: 11 Feb 2020 02:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item