Peran Ustadzah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Anak di Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ) An-Nur’ain Kelurahan Benteng, Kecamatan Sungai Batang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

MAULINDA PERMATA SARI, NUR and Abdul Aziz, Ishak and Maspika, Sandi (2021) Peran Ustadzah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Anak di Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ) An-Nur’ain Kelurahan Benteng, Kecamatan Sungai Batang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (Peran Ustadzah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Anak di Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ) An-Nur’ain Kelurahan Benteng, Kecamatan Sungai Batang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.)
Nur Maulinda Permata Sari, 303171470, Peran Ustadzah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Anak di Taman Pengajian Al-Qur'an (TPQ) An-Nur'ain Kelurahan Benteng, Kecamatan Sungai Batang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau..pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi fenomena yang terjadi di salah satu tempat pengajian anak yang ada di Kelurahan Benteng, Kecamatan Sungai Batang, tepatnya di TPQ An-Nur’ain. Terdapat 20% anak yang masih memiliki akhlak yang kurang baik khususnya anak yang baru belajar di TPQ, seperti anak masih sering bertengkar (berkelahi), anak yang melawan perkataan ustadzah, pulang sebelum waktunya pulang, belum lancar dalam membaca iqro, suka main dan berbicara kepada teman saat pelajaran berlangsung, malas menghafal surah-surah pendek, respon lambat dalam pelajaran, belum bisa menghafal bacaan sholat dengan benar dan jarang masuk sekolah sedangkan anak yang sudah lama belajar di TPQ Sudah memiliki akhlak yang diharapkan sehingga melihat masalah inilah mendorong penulis untuk mengemukakan bagaimana akhlak anak, bagaimana peran ustadzah dalam pembinaan akhlak serta kendala ustadzah dalam pembinaan akhlak anak. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualiatif deskriptif, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. 21 orang informan/responden penelitian telah penulis wawancara disertai observasi sejak tanggal 03 januari 2021. Disertai pengumpulan dokumen-dokumen yang dibutuhkan peneliti guna mencari dan menggali informasi lebih komprehensif. Hasil penelitian ini menemukan : Peran ustadzah dalam pembinaan akhlak anak di TPQ sudah sangat baik dengan pembinaan-pembinaan yang ia lakukan sudah sangat membantu orang tua dalam mendidik anaknya.Sedangkan upaya yang dilakukan ustadzah dalam pembinaan akhlakul karimah anak, yaitu : (1). Memulai dari dasarnya seperti mengajari wudhu yang benar dari niat wudhu hingga tata cara wudhu yang benar dan megajari niat sholat, bacaan sholat serta gerakan sholat, dan mengajarkan jika melakukan sesuatu harus rajin dan ikhlas (2). Menyusun strategi dalam membina watak anak (3). Memberikan penjelasan tentang hukum-hukum dan pelafalan Al-Qur’an (4). Memberikan penjelasana tentang sikap yang baik dan buruk dll. Sedangkan kendala ustadzah dalam membentuk akhlak anak yaitu : (1). Anak banyak bermain (2). Jarak Tempuh, (3). Perbedaan pada karakter anak (4). Sarana dan prasarana. (5). Teman Sejawat. (6). Waktu yang Singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran ustadzah, Pembinaan akhlakul karimah anak.
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:15
Last Modified: 21 Sep 2021 04:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9202

Actions (login required)

View Item View Item