PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 7 MUARO JAMBI

Lili Marfita, TM140720 and Alfian, Alfian and Zulyanty, Marni (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 7 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TM. 140720_LILI MARFITA_ TADRIS MATEMATIKA - Lili Marfita13.pdf

Download (2MB)

Abstract

Geometri yakni cabang matematika yang mempunyai peluang lebih besar untuk dipahami siswa karena ide-ide geometri sudah dikenal siswa sejak sebelum masuk sekolah. Namun, bukti-bukti di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal-soal geometri. Berdasarkan kenyataan tersebut maka diperlukan bahan ajar yang dapat mempermudah interaksi antara siswa dan materi, mengaktifkan keseluruhan indera siswa, ringkas dan kaya tugas serta melatih kemandirian siswa yang berupa Lembar Kerja Siswa dengan teori van hiele yang memperhatikan level berfikir geometri siswa dan merupakan teori khusus dalam belajar geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKS yang dikembangkan pada level 0 dan 1 untuk siswa kelas VII SMPN 7 Muaro Jambi pada materi segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 3D, yaitu define, design, dan development. Pengembangan ini dilakukan dengan analisis kurikulum, materi dan peserta didik. Kemudian dikembangkanlah bahan ajar berdasarkan hasil analisis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi dan ahli desain, angket persepsi guru dan siswa, soal tes teori Van Hiele, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan dilanjutkan dengan tahap validasi ahli materi dengan rerata skor validasi 60% “cukup valid” dan ahli desain LKS serta desain pembelajaran dengan rerata skor total 76,84% “valid”. Selanjutnya tahap uji coba melibatkan persepsi guru matematika dan siswa dengan rerata nilai 76,7% “cukup praktis” dan 88,15% “praktis”. Terakhir uji coba lapangan untuk efektifitas produk, pada subjek diperoleh analisis hasil belajar siswa 90,6% siswa berada di atas KKM, dan terjadi peningkatan pemahaman geometri siswa, serta rerata hasil observasi aktifitas siswa 3,03 “baik”. Hasil penelitian ini memaparkan. Kemudian LKS dikatakan berkualitas baik karena memenuhi indikator kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Sehingga LKS ini dapat digunakan guru matematika SMP pada materi segitiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: LKS, Teori Van Hiele, Pendekatan Saintifik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:13
Last Modified: 14 Apr 2020 14:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item