PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA PELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 TANJUNG JABUNG TIMUR

SILVI, AULIA RAHMI PURBA and Mahluddin, Mahluddin and Fatmawati, Kiki (2021) PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA PELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA PELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 TANJUNG JABUNG TIMUR)
SKRIPSI SILVI AULIA RAHMI PURBA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di SDN 52 Tanjung Jabung Timur, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 52 Tanjung Jabung Timur sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan Blended Learning dalam meningkatkan keaktifan siswa pada tema 6Menuju Masyarakat sejahtera. Penelitian iini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pe laksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Blended Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran daring. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dengan aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 48% dan siklus II sebesar 72 %. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa diukur setiap siklusnya, keaktifan siswa pada pra siklus skor nilai dengan keaktifan siswa keaktifan siswa sebesar 2,6 dengan kategori “kurang aktif” kemudian pada siklus I sebesar 3,19 dengan kategori “cukup aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 4,0 dengan kategori “Aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 52 Tanjung Jabung Timur telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Blended Learning, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Daring
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:16
Last Modified: 22 Sep 2021 03:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9196

Actions (login required)

View Item View Item