DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DESA BHAKTI IDAMAN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI

FIRMAN, BAIHAKI and Anwar, Kasful and Rapiko, Rapiko (2021) DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DESA BHAKTI IDAMAN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Dampak Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Desa Bhakti Idaman Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi)
SKRIPSI FIRMAN BAIHAKI NIM. 201172249 DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DESA BHAKTI IDAMAN.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Dampak Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Desa Bhakti Idaman Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi” adapun pokok-pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana dampak Game Online terhadap perilaku keagamaan remaja Desa Bhakti Idaman (2) Bagaimana tanggapan orang tua terhadap perilaku keagamaan remaja yang mengakses game online. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, cara pengambilan sampel meggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitiannya meliputi: Remaja Rt 09 yang bermain game onlline, orang tua remaja, dan kepala desa bhakti idaman. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Game online yang sering dimainkan oleh remaja desa bhakti idaman tanjung jabung timur provinsi jambi adalah: FF (Free Fire), dan COC (Clash Of Clans) karena gamenya memang lebih menyenagkan dari pada game-game lain menurut para remaja desa bhakti idaman tanjung jabung timur provinsi jambi (2) Dampak negatif dari game online terhadap terhadap perilaku keagamaa remaja desa bhakti idaman tanjung jabung timur provinsi jambi adalah: remaja cendrung bersikap lupa waktu, tidak nurut kepada orang tua, berlebihan atau kecanduan dalam bermain game online dengan ditunjukkannya sikap sulit untuk menjalankan ibadah wajib yaitu sholat tepat waktu. Sedangkan dampak positif dari game online adalah: bisa memiliki banyak teman,(hanya sebatas game) dan menghilangkan stres.(3) Upaya yang dilakukan orang tua dalam mengatasi dampak game online terhadap perilaku remaja desa bhakti idaman dilakukan melalui langkah-langkah seperti: memberi nasehat, sanksi dan bimbingan dari keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Game Online, Perilaku, Keagamaan
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:28
Last Modified: 21 Sep 2021 06:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9186

Actions (login required)

View Item View Item