Pengaruh Strategi Pembelajaran aktif Mind Maps (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi

Munawarah, Munawarah and Usmar, Ali and Yuni Kurniwati, Wiwit (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran aktif Mind Maps (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
MUNAWARAH.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Dalam setiap proses pembelajaran selalu ada kegiatan mencatat pelajaran baik oleh guru atau siswa dan setiap proses pembelajaran mencatat adalah kegiatan yang penting bagi siswa. Pelajaran yang dicatat oleh siswa hasinya tergantung pada daya tangkap dan keterampilannya dalam menulis. Kelemahannya adalah bila kurang •jeli dalam proses pencatatan, maka catatan yang dibuat tidak akan menghasilkan apa-apa. Berdasarkan observasidi kelas X Madrasah Aliyah Negeri Olak Kemang Kola Jambi masih terdapat siswa yang belum mencatat dengan lengkap atau setelah mencatat tidak membuka atau jarang membaca catatannya kembali. Selain itu, masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah standar ketuntasan minimal. Strategi Mind Maps adalah merupakan strategi yang menekankan proses pembelajaran yang menarik, cara mencatat yang kreatif, efektif, meningkatkan kerjasama kelompok dan menyenangkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif Mind Maps terhadap hasll belajar biologi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penel tian kuantitatif dengan menggunakan analisis komparasional. Variabel bebas berupa strategi pembelajaran aktif Mind Maps dan variabel terikat adalah hasil belajar biologi siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil Madrasah Aliyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi tahun pelajaran 2013/2014. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X B sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasi1 penelitian menunjukkan bahwa "t" yang dipero1eh melalui perhitungan (t."'8,807) adalah lebih besar dari pada t,...,(baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%), 2,00 s 8,607 <!: 2,65 maka Ha (hipotesis Altematif) diterima. Penelitian menemukan bahwa ada pengaruh Mind Maps (peta pikiran) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps (pets pikiran), Hasil Belajar, Biologi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:26
Last Modified: 13 Sep 2021 07:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item